Sabtu, 29 Agustus 2020

Pemasaran Langsung Makanan Awetan dari Bahan Nabati


Ada banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk memasarkan

produk makanan awetan dari bahan nabati. Pada tahap awal, pemilihan

pemasaran secara langsung disarankan karena masih terbatasnya jangkauan

pasar yang ada. Ke depannya bisa dikembangkan sistem pemasaran lainnya.

Sistem pemasaran langsung ialah sistem pemasaran tanpa menggunakan

perantara. Penjualan langsung juga terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya

penjualan dengan mempunyai outlet sendiri, atau sistem penjajaan langsung

pada konsumen. Pemilihan sistem pemasaran yang tepat, menjadi salah satu

penentu keberhasilan dari penerimaan produk tersebut di tangan konsumen.


Banyak sisi positif dari sistem pemasaran langsung, di antaranya penghematan

waktu dan bisa memperkenalkan langsung produk kita kepada konsumen,

tidak kebergantungan pada pihak lain, serta waktu yang fleksibel.


Salah satu ujung tombak pemasaran adalah promosi. Berbagai media

promosi bisa digunakan untuk membantu meningkatkan pemasaran dari

produk makanan awetan dari bahan nabati. Media yang bisa digunakan untuk

memasarkan produk lidah buaya ini tentu disesuaikan dengan kapasitas

produksi yang sudah dibuat.

1. Tahap pertama dimulai dengan yang kecil, kenalkan lidah buaya kepada

teman teman dekat, teman sekolah, tetangga di sekitar komplek, atau

teman bermain. Berilah sedikit tes produk agar mereka bisa mencicipi

lidah buaya buah buatan anda supaya mereka tertarik membeli.

2. Bila lidah buaya mulai bisa diterima dan banyak penggemar, mulailah

merambah pasar baru dengan menitipkannya di warung, di toko, atau di

kantin sekolah.

3. Manfaatkanlah teknologi internet dan social network seperti facebook

dan twitter sebagai sarana penjualan yang lain, perbanyaklah teman dan

follower, untuk memperluas pemasaran. Bisa juga dengan membuat blog

gratis atau website yang berbayar dengan relatif terjangkau harganya.

4. Gunakan penjualan yang kreatif yang hanya sedikit orang menjalaninya.

Sebagai contoh bisa memanfaatkan munculnya fenomena “pasar kaget”

di hampir setiap kota di Indonesia, juga saat ada momen “Car free day”,

atau pada kesempatan lainnya



0 komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.